Pesona Wisata Pantai Raja Ampat, Papua

Eksotisme alam Papua selalu mengandung daya hipnotis yang kuat bagi traveler manapun. Kondisi Papua yang berupa kepulauan, menghadirkan pesona alam tersendiri. Salah satunya, destinasi spektakuler, Pantai Raja Ampat.

Legenda

Para traveler ada baiknya mengetahui sejarah ringkas dari Kepulauan Raja Ampat ini. Dahulu kala, hiduplah seorang perempuan. Suatu hari, dia menemukan telur yang berjumlah tujuh butir. Dari tujuh butir, empat di antaranya menetas lalu berkembang menjadi sosok pangeran yang berjumlah empat orang. Pangeran-pangeran tersebut lalu menjadi penguasa di empat pulau, yaitu Misool Timur dan Misool Barat, Salawati, dan Waigeo. Sebaliknya, tiga butir telur lain, tidak menetas. Ketiganya malah menjadi sosok perempuan, sebuah batu, dan hantu.

Lokasi

Secara geografis, wisata alam ini berada di Kabupaten Manokwari Papua Barat. Posisinya berada di belahan barat kepala burung Pulau Papua. Luas kawasan ini sekitar 4,5 juta hektar dan didominasi oleh perairan (85%). Sebagian kecil lain, yaitu daratan yang berupa gugusan pulau. Jumlahnya bisa mencapai 600 pulau; bahkan lebih. Jumlah tersebut, menunjukkan sebuah kawasan yang memang sangat berpotensi menjadi destinasi wisata bahari unggulan.

Pesona Alam Pantai Raja Ampat

Raja Ampat bisa dibilang bagi pecinta wisata bahari maupun penyelam. Khusus bagi para penyelam, keindahan bawah laut perairan di Raja Ampat, adalah daya tarik utama mereka. Pantai Raja Ampat memilki empat pulau yang berukuran besar. Keempatnya, seperti Pulau Batanta, Pulau Waigeo, Pulau Salawti, dan Pulau Misool.

Pantai Raja Ampat 4

Pantai Raja Ampat 3

Pantai Raja Ampat 2

Pantai Raja Ampat 1

Pantai Raja Ampat 5

Di kawasan kepulauan ini, tak hanya keindahan pantai Raja Ampat saja. Raja Ampat juga menyimpan mutiara berharga yang langka keberadaannya. Apa itu? Spesies ikan pari manta, hiu abu-abu, kuda laut, penyu, ikan duyung, ikan barkuda, ikan tuna, dan lain-lain. Pengunjung yang kebetulan pecinta sejarah, bisa pula melihat sisa-sisa barang peninggalan Perang Dunia II. Seperti bangkai pesawat perang yang teronggok kaku di sekitar Pulai Wai. Kepulauan Raja Ampat memang luar biasa. Berdasar sebuah data hasil penelitian, ada sekitar 75% dari seluruh kerang yang ada di dunia ini, terkandung di bumi Raja Ampat.

Selain para penyelam, rata-rata wisatawan yang datang ke sana, sekadar ingin mereguk kenikmatan alam Raja Ampat. Entah itu bersantai di pesisir pantainya ataupun berlayar menggunakan kapal Pinisi Raja Ampat. Mereka juga bisa menikmati sejuta pesona lain, seperti kuliner setempat, melihat burung Cenderawasih, mendaki bukit karang, atau memancing.

Transportasi Wisata Pantai Raja Empat

Berwisata ke Pulau Raja Ampat tentu saja bakal menguras kantong anda, jadi siapkan budget yang agak tinggi! Berkunjung ke Raja Ampat, bila Anda berangkat dari Jawa, moda terbaik tentu pesawat terbang. Kita akan menghabiskan waktu kira-kira 5 jam perjalanan udara menuju Sorong. Setiba di Sorong, kita bisa menaiki kapal menuju Kepulauan Raja Ampat. Idealnya, kita berangkat secara kelompok; demi efisiensi harga sewa kapal. Ada banyak penginapan di sana, harap berhati-hati jika menyewa kamar di Raja Empat Resort, sebaiknya luangkan waktu untuk riset dan browsing harga-harga penginapan di tempat tersebut sebagai panduan agar tidak terjebak dengan harga sewa yang cukup mahal.

Saat kaki menjejakkan tanah di Kepulauan Raja Ampat, wow…Anda tak perlu lagi membayangkannya dalam angan. Nikmati semua ragam wisata yang terhampar di depan mata!

Pencarian Pengunjung:

pantai raja ampat, pesona raja ampat, pantai raja empat, pantai raja ampat papua, wisata raja ampat, raja ampat papua, raja ampat pantai, pantai raja, pantai rajaampat, pantai raja ampat papua barat, pantai raja 4, pantai di raja ampat, pantai ra, pantai di papua, pantai di papua raja ampat, pantai papua, gambar pantai raja ampat, wisata bawah laut di perairan raja ampat, pantai raja ampat di papua, wisata pantai raja ampat,

Tags: , , ,

Pesona Wisata Pantai Raja Ampat, Papua | Iffa Khairunnisa | 4.5