Ragam Wisata Pulau Moyo Sumbawa

Wisata Pulau Moyo Sumbawa, menjadi satu dari segala rupa wisata alam yang ada di Pulau Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat. Dan, memang, Pulau Sumbawa yang berada di timur Pulau Dewata, Bali ini selalu kaya dengan balutan wisata naturalnya yang indah. Bicara mengenai Pulau Moyo, imajinasi kita akan terbang membayangkan segala bentuk dan rupa keindahan alamnya. Pulau ini memiliki luas sekitar 32.000 hektar. Wilayah seluas itu, sebagian besar masih berupa hutan hijau belantara.

Pulau Moyo

Bila dilihat, hutan tersebut seakan diselimuti oleh bibir pantai yang berupa pasir putih yang indah. Pulau Moyo berjarak kira-kira 2.5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Sebuah jarak yang tak terlalu jauh. Ada beberapa satwa yang keberadaannya sangat liar. Seperti babi hutan, sapi liar, banteng, ayam hutan, maupun rusa timor. Satwa tersebut hidup di segala penjuru pulau. Selain satwa darat, hidup pula berbagai macam spesies burung; seperti beo sumbawa, cikukua tanduk, burung gosong, dan kakatua kecil jambul kuning.

Pesona alam bahari di Pulau Moyo Sumbawa sungguh luar biasa. Butiran pasir putih yang berpadu dengan birunya air laut, semakin memanjakan waktu libur para wisatawan. Di dasar laut, terhampar ribuan biota yang luar biasa indah. Selain itu, Pulau Moyo juga menyimpan keindahan alam raya yang berupa hutan tropis lebat, bebukitan yang kokoh, sungai, gua, maupun air terjun. Sungguh daya tarik sempurna yang tersaji di Pulau Moyo.

Pulau Moyo 1

Pulau Moyo 2

Pulau ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawannya, baik domestik maupun mancanegara. Mereka larut dengan segala keindahan alamnya yang sarat dengan hal-hal spektakuler. Trasportasi menuju Pulau Moyo terbilang mudah. Dari dermaga Muara Kali di Pulau Sumbawa, kapal penyeberangan akan mengantarkan wisatawan menuju dermaga yang ada di Pulau Moyo. Setiap harinya, kapal tersebut melayani rute bolak-balik Pulau Sumbawa-Pulau Moyo pada pukul 11.30 siang. Setiap penumpang, diwajibkan membayar ongkos naik sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000; dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Selama perjalanan, kita bisa melihat gugusan pemandangan lepas lautan yang indah. Hal tersebut menjadikan kita seolah tak merasa lelah berada di perjalanan menuju Pulau Moyo.

Apa saja yang bisa kita lakukan saat di Pulau Moyo Sumbawa? Saat kita berada di Pulau Moyo, kita bisa melakukan kegiatan seperti diving, snorkeling, maupun berenang di sejumlah spot seperti Brang Sedo, Rajasua, Labuan Aji, Tanjung Pasir, Ai Manis, dan Poto Jarum. Setiap tempat tentu telah bertabur dengan keindahan yang menyenangkan para wisatawan. Bosan dengan berpetualang di tempat tersebut, kita bisa mencoba menikmati suasana alami spot air terjun. Ada dua air terjun di sana; yaitu air terjun Mata Jitu dan air terjun Diwu Mba’i. Pulau Moyo Sumbawa memang merupakan destinasi sangat menarik bagi para pecinta wisata bahari.

Pencarian Pengunjung:

pulau moyo sumbawa,

Tags: ,

Ragam Wisata Pulau Moyo Sumbawa | Nia Elisa | 4.5