Pesona Wisata Alam Pulau Weh, Aceh

Seperti yang kita ketahui bersama, Pulau Weh merupakan pulau paling ujung Barat di Indonesia. Secara geografis, pulau ini termasuk wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Di Pulau Weh, ada sebuah kota yang populer, bernama Sabang. Segala denyut nadi perekonomian masyarakat di Pulau Weh, terpusat di kota tersebut.

Pulau Weh, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Keberadaan pulau ini, juga menyimpan ragam wisata pantai yang menarik. Apa dan bagaimana deskripsinya? Ini dia…

Wisata Pulau Weh

Bila kita tertarik mengunjungi destinasi wisata di Pulau Weh, pastikan kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang terdapat di sana. Tujuannya, jelas, untuk memudahkan wisatawan dalam mengeksplorasi segala ragam wisata yang ada di pulau paling ujung Barat di Indonesia ini.

Pulau Weh bisa dijujuki dengan menggunakan kapal penyeberangan yang berangkat dari dermaga Ulelheu, Banda Aceh. Tiap hari, kapal penyeberangan ini hanya melayani rute dua kali saja, yaitu pagi hari pukul 08.00 dan sore hari pukul 16.00. Harga yang dipatok untuk setiap wisatawan, yaitu sekitar Rp65.000. Sebuah harga yang tak terlalu mahal bila dibandingkan dengan pesona alam yang nanti akan kita jumpai di Pulau Weh. Waktu perjalanan bisa ditempuh selama 45 hingga 60 menit. Setelah itu, kita bisa leluasa menginjakkan kaki di dermaga Balohan, Sabang.

Pulau Weh 1

Pulau Weh 2

Pulau Weh 3

Suasana alam yang serba natural, akan menggiring para wisatawan mencapai kepuasan yang mereka inginkan di sana. Di Pulau Weh, wisatawan tidak perlu merasa bingung dengan fasilitas penginapan. Sejumlah penginapan maupun resor yang dikelola masyarakat setempat, akan memanjakan mereka. Fasilitas yang ada di penginapan, seperti AC, tempat tidur yang sangat nyaman, kamar mandi yang sangat bersih, maupun restoran, tersedia lengkap. Sehingga, tak ada alasan untuk mengatakan tidak nyaman. Semua fasilitas tersebut akan mengakomodasi segala kebutuhan para wisatawan dengan baik.

Gugus wisata terbentang lapang di Pulau Weh. Ada Pantai Iboih yang indah; dan menjadi tempat bermain air paling menarik. Ada pula Tugu Kilometer Nol (KM-0) yang menjadi monumen tapal batas Indonesia. Aka nada perasaan senang manakala telah mengunjungi tugu yang satu ini. Karena disitulah, lokasi titik nol Indonesia di belahan barat.

Selain dua tempat di atas, di Pulau Weh kita bisa menikmati pantai lain. Pantai Gapang, Pantai Kasih, Pantai Sumur Tiga, dan Pantai Anoi Hitam; merupakan gugus pantai yang akan memanjakan kita saat berwisata di sana. Pantai-pantai tersebut, bisa didatangi demi mereguk keindahan dan pesona alamnya yang spektakuler. Khusus Pantai Anoi Hitam, kita akan menemukan warna pasirnya yang hitam pekat. Pun, saat terkena sinar matahari, pasir ini akan memantulkan sinarnya.

Sebuah benteng peninggalan tentara Dai Nippon Jepang, masih berdiri kokoh. Meskipun, sebagian struktur bangunannya, telah rapuh termakan usia. Beberapa bunker juga masih terlihat di benteng tersebut. Di sejumlah lubang jendela di bagian atas benteng, onggokan meriam tua, juga masih ada. Saat berada di benteng, kita bisa dengan leluasa memandang Lautan Hindia maupun Selat Malaka. Hmmm…..menarik bukan tempat wisata yang satu ini?

Pencarian Pengunjung:

suasana pagi pulau borneo,

Tags:

Pesona Wisata Alam Pulau Weh, Aceh | Nia Elisa | 4.5